Record Detail
Advanced Search
MEDIASI PERBANKAN SEBAGAI ALTERNATIF PENYELESAIAN SENGKETA ANTARA BANK DAN NASABAH PADA BANK BRI KC AHMAD NASUTION BANDUNG DIHUBUNGKAN DENGAN UNDANG-UNDANG NO 10 TAHUN 1998
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan Mediasi Perbankan pada Kantor Bank BRI KC Ahmad Nasution dalam penyelesaian sengketa antara nasabah dengan bank. Serta kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan Mediasi Perbankan pada Kantor Bank BRI KC Ahmad Nasution dalam penyelesaian sengketa serta bagaimana upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendala tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris yang bersifat deskriptif. Data yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Sedangkan sumber data yang digunakan oleh penulis dalam mengadakan penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer yaitu data hasil penelitian atau riset dengan cara melakukan wawancara bagian Pengawasan Bank pada Kantor Bank BRI KC Ahmad Nasution serta sumber data sekunder. Adapun sumber data sekunder terdiri dari bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan bahan hukum tersier. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penulis adalah studi lapangan dan studi kepustakaan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian dapat di ketahui bahwa penyebab terjadinya sengketa antara Bank dengan Nasabah antara lain informasi yang kurang memadai mengenai karakteristik produk, yaitu Mekanisme penyelesaian sengketa antara nasabah dan bank pada Kantor Bank BRI KC Ahmad Nasution ditempuh melalui dua tahap. Pertama, bank wajib menyelesaikan terlebih dahulu sengketa dengan nasabahnya sesuai Peraturan Bank Indonesia PBI No.7/7/PBI/2005 tentang Penyelesaian Pengaduan Nasabah. Kedua, apabila sengketa belum dapat diselesaikan dengan baik, nasabah bank dapat mengajukan permohonan penyelesaian sengketa melalui mediasi yang difasilitasi oleh Kantor Bank BRI KC Ahmad Nasution sesuai PBI No. 8/5/PBI/2006 tentang Mediasi Perbankan. Serta, pelaksanaan mediasi perbankan pada Kantor Bank BRI KC Ahmad Nasution telah dapat dilaksanakan sesuai dengan peraturan perundang-undang yang berlaku meskipun terdapat kendala-kendala yang tidak berarti. Adapun beberapa kendala yang ditemukan berupa penerapan cara mediasi perbankan yang belum membudaya, baik disisi bank maupun nasabah.
Detail Information
Statement of Responsibility |
-
|
---|---|
Description |
-
|
Publisher | STHB Press : ., 2022 |
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Content Type |
Undergraduate Theses
|
Keyword(s) |
---|