No image available for this title

PELAKSANAAN PEMBUANGAN LIMBAH B3 MELALUI PENAATAN BAKU MUTU LINGKUNGAN PADA INDUSTRI FARMASI PT. BIO FARMA DI KOTA BANDUNG



Pembangunan industri farmasi berpotensi menghasilkan antara lain limbah B3 padat dan cair. Vaksin dan antisera merupakan beberapa produk farmasi yang sangat dibutuhkan masyarakat dan PT. Bio Farma satu-satunya produsennya di Indonesia. Jumlah rata-rata limbah B3 yang dihasilkan PT. Bio Farma dari bulan Januari 2020 sampai Juni 2020 yaitu 11,845 ton/bulan yang berasal dari proses produksi dan nonproduksi. PT. Bio Farma wajib melaksanakan pengelolaan limbah B3 berdasarkan UU Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan (UUPPLH) dan PP No. 85 Tahun 1999 jo. PP No. 101 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pelaksanaan pembuangan limbah ke media lingkungan hidup oleh PT. Bio Farma dan untuk mengetahui pengawasan terhadap penaatan baku mutu lingkungan pada PT. Bio Farma sebagai dasar pengenaan sanksi administrasi jika terjadi pelanggaran.
Penelitian ini menggunakan pendekatan secara yuridis normatif dengan spesifikasi secara deskriptif analisis. Dengan menggunakan penelitian kepustakaan (data sekunder) berupa bahan primer, sekunder dan tersier. Selain itu digunakan juga sebagai data penunjang melalui wawancara terbatas dengan pihak pengelola B3 di PT. Bio Farma. Teknik penelitian untuk mengumpulkan data dilakukan dengan cara studi dokumen dan literatur, kemudian data dianalisis secara kualitatif.
Hasil penelitian terhadap permasalahan pertama adalah PT. Bio Farma (Persero) telah melaksanakan pengelolaan limbah B3 (padat dan cair) sebelum pembuangan ke media lingkungan hidup site Pasteur, sungai Cibarani dan sungai Cikapundung dengan menaati parameter baku mutu limbah air yang telah ditentukan. Hasil penelitian terhadap permasalahan kedua adalah bahwa hasil pengawasan yang dilakukan oleh 3 instansi pengawas dengan memperlihatkan bahwa PT. Bio Farma (Persero) telah menaati parameter-parameter yang distandarkan sehingga tidak ada sanksi administrasi. Hal tersebut merupakan upaya penaatan PT. Bio Farma dan pengamatan pejabat pengawas sehingga tidak mencemari sungai Cibarani dan Cikapundung. Diharapkan pengelolaan limbah B3 yang sudah baik ini dapat dipertahankan untuk hari-hari yang akan datang.


Detail Information

Statement of Responsibility
Description
-
Publisher STHB : Bandung.,
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Content Type
Research Reports

File Attachment