No image available for this title

PENERAPAN PIDANA PEMBAYARAN UANG PENGGANTI DALAM UNDANG-UNDANG NO. 20 TAHUN 2001 TENTANG PERUBAHAN ATAS UNDANG-UNDANG NO. 31 TAHUN 1999 TENTANG PEMBERANTASAN TINDAK PIDANA KORUPSI DIHUBUNGKAN DENGAN TUJUAN PEMIDANAAN



Korupsi di Indonesia telah terjadi secara sistematis dan meluas dalam kehidupan masyarakat. Perkembangannya terus meningkat dari tahun ke tahun, baik dari jumlah kasus yang terjadi, jumlah kerugian keuangan negara maupun dari segi kualitas tindak pidana, yang dilakukan semakin sistematis serta lingkupnya telah memasuki seluruh aspek kehidupan masyarakat. Sehingga diaturlah kebijakan pengaturan pidana tambahan pembayaran uang pengganti yaitu untuk menjadi pedoman pelaksanaan dalam pemberantasan tindak pidana korupsi terkhusus dalam rangka untuk mengembalikan kerugian negara yang timbul dari tindak pidana korupsi dan apakah kebijakan tersebut dapat memenuhi tujuan pemidanaan.
Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan menunjukan dasar kebijakan pidana tambahan berupa uang pengganti dalam pemberantasan tindak pidana korupsi dan memahami dan menggambarkan mengenai kebijakan pidana tambahan uang pengganti dapat memenuhi tujuan pemidanaan dalam pemberantasan tindak pidana korupsi. Penelitian ini bersifat deskriptif (descriptive research) yang menggunakan jenis penelitian Yuridis Normatif melalui pendekatan perundang-undangan (statute approach) yang dihungkan dengan pendekatan kasus (case approach). Adapun data penelitian dianalisis dengan metode Kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat ditarik kesimpulan dasar kebijakan pidana tambahan berupa uang pengganti dalam pemberantasan tindak pidana korupsi adalah untuk memulihkan kerugian negara akibat dari tindak pidana korupsi sehingga tercapai tujuan perlindungan masyarakat (social defence) dan kesejahteraan masyarakat ( social welfare). Kebijakan pidana tambahan uang pengganti dapat memenuhi tujuan pemidanaan karena sejalan dengan prevensi umum, khusus dan fungsi perlindungan yang menjadi dasar pembenaran pidana dalam teori relatif sebagai upaya pemberantasan korupsi terutama untuk pencegahan dan pemberantasan tindak pidana korupsi yang dapat menimbulkan kerugian negara.


Detail Information

Statement of Responsibility
Description
-
Publisher STHB Press : .,
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Content Type
Undergraduate Theses

File Attachment