No image available for this title

TINJAUAN YURIDIS MENGENAI PERLINDUNGAN HUKUM ATAS MEREK TERKENAL DIHUBUNGKAN DENGAN PASAL 21 AYAT (3) UNDANG-UNDANG NOMOR 20 TAHUN 2016 TENTANG MEREK DAN INDIKASI GEOGRAFIS (STUDI KASUS PUTUSAN NOMOR 12/PDT.SUS-MERK/2018/PN.NIAGA.JKT.PST)



Perlindungan merek terkenal merupakan salah satu aspek penting dalam UU Merek dan Indikasi Geografis. Salah satu bentuk perlindungan hukum terhadap merek terkenal adalah dengan ditolaknya pendaftaran merek sebagaimana Pasal 21 ayat (3) UU Merek dan Indikasi Geografis yang menyatakan bahwa permohonan pendaftaran merek ditolak jika diajukan oleh pemohon yang beritikad tidak baik. Pengertian itikad tidak baik dalam pendaftaran merek dapat diartikan suatu tindakan yang disengaja untuk meniru sebagian atau seluruhnya merek yang telah terdaftar sebelumnya dengan tujuan agar dapat menyamai kepopuleran merek yang ditiru untuk keuntungan pendaftar merek yang beritikad tidak baik tersebut. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis perlindungan hukum bagi pemegang merek terkenal menurut Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis dan penerapan hukum Pasal 21 Ayat (3) Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis dalam Putusan Nomor 12/Pdt.Sus-Merk/2018/PN.Niaga Jkt.Pst.
Spesifikasi penelitian bersifat deskriptif dengan jenis penelitian yuridis normatif yang dilakukan melalui penelitian kepustakaan. Metode pendekatan yang digunakan metode pendekatan perundang-undangan dan metode pendekatan kasus. Teknik pengumpulan data melalui studi dokumen, kemudian data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara kualitatif.
Hasil penelitian ini, penulis dapat menarik kesimpulan bahwa perlindungan hukum bagi pemegang merek terkenal dalam Undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis dilakukan melalui instrumen perlindungan hukum preventif dan melalui instrumen perlindungan hukum preventif perlindungan hukum preventif. Penerapan hukum Pasal 21 Ayat (3) Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis dalam putusan Nomor 12/Pdt.Sus-Merk/2018/PN.Niaga Jkt.Pst didasarkan kepada fakta-fakta yang terungkap di persidangan bahwa tergugat terbukti memiliki itikad tidak baik dalam mendaftarkan mereknya.


Detail Information

Statement of Responsibility
Description
-
Publisher STHB Press : .,
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Content Type
Undergraduate Theses
Keyword(s)

File Attachment