No image available for this title

TINJAUAN YURIDIS DALAM PENGAJUAN GUGATAN SEDERHANA PERKARA WANPRESTASI PERJANJIAN PENGIKATAN JUAL BELI YANG DILAKUKAN PT. SUKSES BANGUN PARAHYANGAN TERHADAP PEMBELI BERDASARKAN PUTUSAN PENGADILAN NEGERI BALE BANDUNG NOMOR 5/PDT.G.S/2018/PN. BLB DIHUBUNGKAN DENGAN PERMA NOMOR 2 TAHUN 2015 TENTANG TATA CARA PENYELESAIAN GUGATAN SEDERHANA



Hukum acara perdata merupakan hukum formil yang berfungsi untuk menegakkan, memelihara dan menjamin ditaatinya hukum perdata materiil dan asas yang dalam hukum acara perdata di Indonesia. Mahkamah Agung menerbitkan suatu peraturan guna mengisi kekosongan hukum berupa Peraturan Mahkamah Agung Nomor 2 Tahun 2015 tentang Prosedur dan Tata Cara Penyelesaian Gugatan Sederhana. Proses penyelesaian gugatan sederhana atau biasa disebut dengan small claim court merupakan tata cara pemeriksaan di persidangan terhadap gugatan perdata dengan nilai gugatan materiil paling banyak senilai Rp. 200.000.000,00 (dua ratus juta rupiah) yang diselesaikan dengan tata cara pembuktian sederhana. Adapun Penelitian ini bertujuan:1. Untuk mengetahui bentuk prestasi dari para pihak dalam perjanjian pengikatan jual beli,2.Untuk mengetahui pelaksanaan pengajuan gugatan sederhana dalam perkara wanprestasi dari perjanjian pengikatan jual beli yang dilakukan PT. Sukses Bangun Parahyangan terhadap pembeli berdasarkan PERMA Nomor 2 Tahun 2015, 3. Untuk mengetahui akibat hukum yang ditimbulkan dari perkara wanprestasi perjanjian pengikatan jual beli berdasarkan Putusan Pengadilan Negeri Bale Bandung Nomor 5/Pdt.G.S/2018/Pn.Blb.
Spesifikasi penelitian yang digunakan dalam penulisan ini bersifat deskriptif analitis. Adapun jenis penelitian yang digunakan bersifat yuridis normatif. metode pendekatan yang digunakan adalah metode pendekatan perundang-undangan. Teknik pengumpulan data adalah studi dokumen. Sedangkan untuk data dianalisis secara kualitatif.
Adapun hasil dari penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah: 1.Prestasi para pihak dalam perjanjian pengikatan jual beli berdasarkan pada putusan nomor 5/Pdt.G.S/2018/PN.Blb adalah hak dan kewajiban para pihak dalam perjanjian pengikatan jual beli harus sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan Permukiman serta Keputusan Menteri Negara Perumahan Rakyat Nomor 9 Tahun 1995 Tentang Pedoman Pengikatan Jual Beli, 2.Pelaksanaan Pengajuan Gugatan Sederhana di Wilayah Hukum Pengadilan Negeri Bale Bandung berdasarkan PERMA Nomor 2 Tahun 2015 terhadap putusan nomor 5/Pdt.G.S/2018/PN.Blb. telah memenuhi ketentuan dalam PERMA Nomor 2 tahun 2015 tentang Tata Cara Penyelesaian Gugatan sederhana, 3. Akibat hukum terhadap gugatan sederhana pada Putusan Nomor: 5/PDT.G.S/2018/PN.Blb di Pengadilan Negeri Bale Bandung adalah menghukum tergugat untuk melunasi semua sisa pembayaran tersebut kepada penggugat; dan menghukum tergugat untuk membayar biaya perkara ; menolak gugatan penggugat selain dan selebihnya.


Detail Information

Statement of Responsibility
Description
-
Publisher STHB Press : .,
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Content Type
Undergraduate Theses
Keyword(s)

File Attachment