No image available for this title

TINJAUAN YURIDIS TERHADAP TINDAK PIDANA PENGANIAYA MENGAKIBATKAN KEMATIAN YANG DILAKUKAN OLEH ANAK MENGAKIBATKAN KEMATIAN DIHUBUNGKAN DENGAN PERSPEKTIF PERLINDUNGAN ANAK DALAM PUTUSAN PENGADILAN NEGERI BANDUNG NOMOR 26/PID.SUS-ANAK/ 2018/PNBDG



Anak merupakan amanah sekaligus karunia Tuhan Yang Maha Esa, yang patut dilindungi demi masa depannya sebagai generasi penerus bangsa. Namun, sebagai mahluk sosial yang masih labil, anak-anak justru sering kali melakukan kesalahan atau pelanggaran sampai berhadapan dengan hukum. Salah satunya Tindak Pidana Penganiayaan mengakibatkan kematian, Tindak pidana Penganiayaan merupakan perbuatan yang dilakuakan dengan sengaja untuk menimbulkan rasa sakit atau luka pada orang lain. Dikarenakan, yang berhadapan dengan hukum adalah anak perlu adanya perlindungan khusus yang dimuat dalam peraturan perundang-undangan, dalam hal ini Undang-Undang Perlindungan Anak. Sinergi dengan hal tersebut terdapat beberapa permasalahan yang dapat diidentifikasi sebagaimana berikut: 1. Bagaimanakah Penerapan Sanksi Pidana terhadap Tindak Pidana Penganiayaan Oleh Anak yang Mengakibatkan Kematian Dihubungkan dengan Undang-Undang No.35 tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak dalam studi kasus Putusan Pengadilan Negeri Bandung Nomor 26/PID.SUS-ANAK/2018/PNBdg ? 2. Bagaimanakah Pertimbangan Hukum Oleh Hakim dalam Menjatuhkan Sanksi Pidana terhadap Anak yang Melakukan Tindak Pidana Penganiayaan Mengakibatkan Kmeatian dihubungkan Putusan Pengadilan Negeri Bandung Nomor 26/PID.SUS-ANAK/2018/PNBdg?
Permasalahan yang diidentifikasikan di atas, sekaligus menjadi objek penelitian, metode penelitian yang digunakan bersifat deskritif analitis, menggunakan pendekatan yuridis normatif. Data yang digunakan adalah data sekunder dengan bahan hukum primer, sekunder dan tersier, teknik pengumpulan data dengan studi dokumen dan studi kepustakaan sedangkan analisis data yang dilakukan secara kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan, yaitu: pertama, Bahwa penerapan sanksi sesuai dengan pasal yang didakwakan oleh Penuntut Umum. yang kedua Bahwa pertimbangan dan putusan hakim terhadap anak yang melakukan tindak pidana penganiayaan mengakibatkan kematian telah sesuai dengan unsur-unsur Pasal 80 ayat (3) Jo Pasal 76C UU No.35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak.

Kata Kunci : Anak, Perlindungan Anak, Tindak Pidana Penganiayaan


Detail Information

Statement of Responsibility
Description
-
Publisher STHB Press : Bandung.,
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Content Type
Undergraduate Theses

File Attachment