No image available for this title

KEPASTIAN HUKUM BAGI WARIS DUA BERBANDING SATU DALAM HUKUM ISLAM DIHUBUNGKAN DENGAN HUKUM WARIS NASIONAL



KEPASTIAN HUKUM BAGI WARIS
DUA BERBANDING SATU DALAM HUKUM ISLAM DIHUBUNGKAN DENGAN HUKUM WARIS NASIONAL

Sofyan Mei Utama
Abstrak
Indonesia adalah negara hukum yang sedang membangun, salahsatunya pembangunan di bidang hukum, mengenai Kepastian hukum bagi waris dua berbanding satu baik dalam hukum Islam juga hubungannya dengan hukum waris nasional penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis mengenai kepastian hukum bagi waris dua berbanding satu dalam hukum Islam dan hukum waris nasional Dengan demikian dari penelitian ini mendapatkan suatu kepastian hukum waris di Indonesia. Hal ini diharapkan dapat memenuhi prinsip keadilan bagi waris. Permasalahannya bagaimanaka kepastian hukum bagi waris dua berbanding satu baik dalam hukum Islam dan bagaimanakah penegakan hukum bagi waris dua banding satu dalam hukum Islam dan dalam perturan perundang-undangan hukum waris di Indonesia.
Spesifikasi penelitian ini ialah, deskriftif, kemudian jenis penelitian adalah yuridis normatif, dengan mengguakan data sekunder, berupa bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan bahan hukum tersier. Dalam penelitian ini dipergunakan jenis pendekatan peraturan perundang-undangan yang berlaku (statute approach). Pendekatan perudang-undangan digunakan untuk mengetahui apakah permasalahan yang diteliti terdapat harmonisasi atau sinkronisasi terhadap asas dan peraturan hukum secara horizontal maupun vertical. Teknik penelitian data dilakukan untuk mengumpulkan data yang dapat dilakukan dengan cara studi dokumen (study of document), studi literatur (study of literature) wawancara (interview), kuesioner dan pengamatan (observation). Metode analisa data yaitu data yang diperoleh dalam penelitian ini, dianalisis secara kualitatif yang artinya data diukur secara tidak langsung untuk data deskriptif. Data yang terkumpul dianalisis dengan mengunakan metode kualitatif.
Hasil penelitian terhadap permasalahan pertama landasan hukum kepastian hukum bagi waris dua berbanding satu baik dalam hukum Islam dan hukum waris yang berlaku di Indonesia adalah: dalam hukum Islam berdasar pada Al-Quran dan Hadis yang di aktualisasikan melalui Kompilasi Hukum Islam. Sedangkan dalam hukum waris di Indoneisa mengunakan hukum Adat atau KUHPerdata yang pembagian warisnya disamakan antara laki-laki dan perempuan. Kemudian penegakan hukum bagi waris dua berbanding satu dalam hukum Islam dan hukum waris di Indonesia, yaitu mesti melalui proses peradilan serta dapat pula melalui mediasi di luar pengadilan baik secara kekeluargaan dengan di bantu oleh pihak-pihak yang berwenang dalam mediasi tersebut, juga melalui kekeluargaan di keluarga.


Detail Information

Statement of Responsibility
Description
-
Publisher Bandung : STHB.,
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Content Type
Research Reports

File Attachment