No image available for this title

Analisis Hukum Terhadap Putusan Pengadilan Agama Cimahi Nomor: 5113/PDT.G/2016/PA.CMI Mengenai Harta Waris Gono Gini Tanpa Keturunan Dihubungkan Dengan Undang-Undang Tentang Peradilan Agama



Putusan Pengadilan yaitu hasil akhir proses peradilan. Putusan Pengadilan yang adil menjadi puncak kearifan bagi penyelesaian permasalahan hukum yang terjadi dalam kehidupan bernegara. Suatu putusan pengadilan tidak ada artinya apabila tidak dilaksanakan, oleh karena itu putusan hakim mempunyai kekuatan hukum eksekutorial. Adapun mengenai masalah dalam penulisan ini yaitu mengenai rumusan kepala putusan Pengadilan Agama Cimahi Nomor: 5113/Pdt.G/2016/Pa.Cmi, Pertimbangan Majelis Hakim dan Amar putusan Pengadilan Agama Cimahi Nomor: 5113/Pdt.G/2016/Pa.Cmi dihubungkan dengan Undang-Undang tentang Peradilan Agama.
Spesifikasi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitis, yaitu menggambarkan suatu metode yang menggambarkan atau melukiskan suatu fakta-fakta dan menganalisisnya dihubungkan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku secara menyeluruh dan sistematis dalam penelitian ini. Jenis penelitian ini adalah penelitian yuridis normatif, yaitu penelitian hukum yang dilakukan melalui penelitian kepustakaan (library research). Metode pendekatan yang digunakan penulis dalam penelitian ini, yaitu pendekatan undang-undang (statute approach) digunakan untuk mengetahui keseluruhan peraturan hukum dan pendekatan kasus (case approach). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu studi dokumen (study of document). Metode analisis data dalam penelitian ini adalah normatif kualitatif, yaitu analisis untuk menjawab permasalahan yang diteliti tanpa menggunakan rumusan-rumusan statistik, tetapi berupa uraian pembahasan.
Putusan Pengadilan Agama Cimahi Nomor: 5113/Pdt.G/2016/PA.Cmi, memuat rumusan kepala putusan sebagaimana telah di tentukan dalam Pasal 57 ayat (2) UU No. 7 Tahun 1989. Penyebutan kalimat Bismillahirrahmanirrahim pada setiap putusan Peradilan Agama merupakan ciri atau label ketauhidan Islam bagi pelaksanaan Peradilan pada Pengadilan Agama. Rumusan kalimat Demi Keadilan Berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa. Sesuai dengan ketentuan Pasal 29 UUD 1945. Kepala putusan ini memberikan kekuatan eksekutorial. Dasar Pertimbangan Majelis Hakim yang memutuskan perkara Nomor: 5113/Pdt.G/2016/PA.Cmi, terdiri dari dua hal, yaitu: pertimbangan tentang duduk perkaranya (peristiwa) dan pertimbangan tentang hukumnya. Putusan Pengadilan Agama Cimahi Nomor: 5113/Pdt.G/2016/PA.Cmi, merupakan putusan akhir (eind vonnis). Pada saat Majelis Hakim membacakan amar atau dictum putusan dalam sidang terbuka untuk umum dengan dihadiri oleh kuasa hukum Para Penggugat dan Tergugat. Adapun amar putusan mengandung arti putusan constituif dan arti putusan condemnatoir.


Detail Information

Statement of Responsibility
Description
-
Publisher STHB : Bandung.,
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Content Type
Undergraduate Theses

File Attachment