No image available for this title

Analisis Yuridis Terhadap Surat Kuasa Membebankan Hak Tanggungan Yang Tidak Dipasang Hak Tanggungan Di Bank Perkreditan Rakyat Syariah Al-Salaam Amal Salman Dihubungkan Dengan Hukum Positif



Dalam rangka menjalankan fungsi perbankan sebagai lembaga yang menyalurkan kredit kepada masyarakat, diperlukan adanya kepastian hukum dan perlindungan hukum terhadap terlaksananya perjanjian kredit yang diharapkan dapat memberikan kedudukan seimbang dimata hukum antara bank (kreditur) dan Nasabah (Debitur). Untuk itu dilindungi dalam suatu perjanjian. perjanjian adalah suatu peristiwa dimana seorang berjanji kepada seorang lain atau dimana dua orang itu saling berjanji untuk melaksanakan sesuatu hal. Surat Kuasa Membebankan Hak Tanggungan (SKMHT) khususnya untuk kredit tertentu sebagai bagian perjanjian adalah salah satu lembaga kredit untuk melindungi penjaminan. Pelaksanaannya terdapat pengecualian dalam proses admistrasi yang memperbolehkan Hak Tanggungan tidak dipasang/didaftarkan ke Badan Pertanahan. Meskipun memiliki pengecualian dalam proses, akan tetapi pelaksanaan proses kredit tertentu memiliki akibat dan resiko hukum. Meskipun telah diatur dalam undang-undang tetapi tetap memiliki akibat dan resiko dalam proses tersebut. Maka, hal ini menjadi pembahsan dalam penelitian ini bagaiaman pelaksanaan, kedudukan dan fungsi Surat Kuasa Membebankan Hak Tanggungan (SKMHT) sebagai pengikatan penjaminan serta bagaimana akibatnya.
Penelitian yang dilakukan adalah deskriptif analitis yaitu menggambarkan dan menganalisis secara sistematis, penulis menggunakan metode yuridis normatif, artinya menguji dan mengkaji bahan data sekunder. Untuk memperoleh data, tahap library research, sehingga seluruh data yang diperoleh baik bahan hukum sekunder maupun bahan hukum primer dianalisis dengan menggunakan metode analisis normatif kualitatif dan tidak menggunakan model yang tidak matematis maupun statistik.
Dari hasil penelitian ini, diketahui bahwa bagaimana pelaksanaan, kedudukan dan fungsi Surat Kuasa Membebankan Hak Tanggungan (SKMHT) tidak dipasang Hak Tanggungan atau sebagai pengikat penjaminan diperbolehkan akan tetapi yang belum memiliki fungsi eksekutorial mengakibatkan kreditur hanya sebagai kreditur konkuren sehingga tidak memiliki keistimewaan atas suatu jaminan. Resikonya dapat terjadi kelalai dalam pelaksanaan kredit yang menyebabkan wanprestasi. penyelesaiannya bisa dilaksanakan baik dengan legislasi maupun non-legislasi.


Detail Information

Statement of Responsibility
Description
-
Publisher STHB : Bandung.,
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Content Type
Undergraduate Theses

File Attachment