No image available for this title

HAK PENDIDIKAN TERHADAP ANAK PIDANA DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KELAS II BANDUNG



HAK PENDIDIKAN TERHADAP ANAK PIDANA DI LEMBAGA
PEMBINAAN KHUSUS ANAK KELAS II BANDUNG




Emma Dysmala



A B S T R A K



Setiap orang dengan beragam peran dalam sistem kenegaraan juga diberi amanah wajib menjaganya karena dalam dirinya terdapat hak-hak asasi manusia yang telah dijunjung tinggi dalam Undang-Undang Dasar 1945 berupa ha katas kelangsungan hidup, tumbuh, dan berkembang sehingga perlu dilakukan perlindungan hukum bagi anak. Karenanya tujuan penelitian untuk mengetahui penerapan hak atas pendidikan terhadap anak pidana di dalam Lembaga Pembinaan Khusus Anak kelas II Bandung. Permasalahannya adalah, bagaimanakah penerapan hak atas pendidikan anak terhadap anak pidana dan bagaimanakah hambatan dalam menerapkan hak pendidikan terhadap anak pidana di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Bandung.
Metode penelitian ini bersifat deskriptif kemudian metode pendekatan yang digunakan bersifat yuridis normatif, yaitu dengan mengkaji dan menguji peraturan perundang-undangan yang bekaitan dengan permasalahan yang ada, selanjutnya tahap penelitian dilakukan melalui penelitian terhadap data sekunder berupa data kepustakaan, teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi dokumen dan metode analisis melalui normatif kualitatif.
Berdasarkan hasil analisis Hak-hak yang terpenuhi adalah mendapat pendidikan yang sesuai dengan usia dan kelas pendidikannya sebelum memasuki Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Bandung, Surat Tanda Tamat Belajar setelah menyelesaikan pendidikan dan pengajaran, dan pengajar yang berkompeten, dan Sistem pendidikan di Indonesia terkait dengan kebijakan pemberian pendidikan dasar dengan program wajib belajar 9 tahun di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Bandung dilakukan secara terstruktur sehingga dapat dilakukan oleh anak-anak pidana dengan baik, meskipun masih ada kekurangan yang tidak signifikan, namun tidak mengurangi mereka dalam semangat belajar, disamping pembelajaran disampaikan dengan mengundang para pengajar dari luar Lembaga Pembinaan Khsusus Anak Kelas II Bandung dan mereka memberikan ajaran secara variatif.


Detail Information

Statement of Responsibility
Description
-
Publisher Bandung : STHB.,
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Content Type
Research Reports
Keyword(s)
-

File Attachment