No image available for this title

PELAKSANAAN INSTRUMEN EKONOMI MELALUI KEWAJIBAN CORPORATE SOCIAL AND ENVIRONMENT RESPONSIBILITY (CSER)DI BANK BJB DALAM RANGKA PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN DI JAWA BARAT



Indonesia adalah salah satu negara besar di Asia khususnya Asia Tenggara dengan wilayah yang sangat luas sehingga menjadikannya sebagai potensi dan modal dasar bagi pembangunan ekonomi nasional yang sampai saat ini terus ditingkatkan dalam pemanfaatannya oleh pemerintah. Bidang utama dalam pembangunan nasional ini adalah bidang ekonomi. Salah satu cara pemerintah untuk mendukung para pelaku ekonomi ini melalui kewajiban Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) atau dikenal dengan istilah Corporate Social and Environment Responsibility (CSER) sebagai peraturan baru melalui Instrumen Ekonomi. Akan tetapi banyaknya perusahaan di Indonesia baik nasional maupun multinasional, masih belum sepenuhnya patuh terhadap peraturan ini. Sulitnya penerapan peraturan CSER diwarnai dengan berbagai penolakan dari sebagian besar perusahaan yang menjalankan usahanya di Indonesia terhadap pelaksanaan CSER. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan CSER oleh PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk. Atau disebut Bank BJB sebagaimana yang telah menjadi kewajiban Provinsi Jawa Barat serta mekanisme pengawasan untuk mengatasi faktor penghambat pelaksanaan CSER yang dilaksanakan oleh Bank BJB di Jawa Barat.
Dalam menyusun penelitian ini, penulis melakukan penelitian deskriptif. Jenis penelitian yuridis empiris dengan metode pendekatan perundang-undangan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu studi dokumen dan wawancara sebagai bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan bahan hukum tersier mengenai informasi serta data yang berkaitan dengan pelaksanaan CSER oleh Bank BJB. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan metode normatif kualitatif. Informan sebagai narasumber pada penelitian ini yaitu Grup CSER Bank BJB Pusat yang berkedudukan di kota Bandung.
Berdasarkan hasil penelitian, pelaksanaan program CSER oleh Bank BJB terlaksana dengan baik dengan menerapkan prinsip kehati-hatian dalam mengelola dan menyalurkan dana CSER yang kemudian mendapat penghargaan Mitra Pembangunan Jawa Barat Melalui Program CSER atau PKBL Perusahaan. Namun, peran serta Bank BJB sebagai Lembaga Jasa Keuangan untuk turut mendorong mitra usaha melaksanakan CSER belum begitu maksimal, sehingga diperlukannya beberapa terobosan oleh Bank BJB untuk terus mendukung pemerintah mendorong para pengusaha melaksanakan CSER demi pemerataan pembangunan nasional khususnya di Provinsi Jawa Barat.



Detail Information

Statement of Responsibility
Description
-
Publisher STHB : Bandung.,
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Content Type
Undergraduate Theses

File Attachment