No image available for this title

Pertanggung Jawaban Pidana Terhadap Anak Pelaku Pengedar Narkotika Dihubungkan Dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2014 Jo. Undang-Undang 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak Studi Kasus Putusan No. 8/ Pid.Sus.Anak / 2015 / Pt.Mdn



Seiring berjalanannya waktu Indonesia mulai bertransformasi, tidak hanya sebagai tempat peredaran narkotika namun juga sudah menjadi tempat menghasilkan narkotika. Untuk mengelabuhi pihak berwajib, tidak jarang para pengedar narkotika memanfaatkan anak di bawah umur untuk dijadikan kurir obat-obatan terlarang tersebut. Kurangnya pengetahuan terhadap narkotika, dan ketidakmampuan untuk menolak serta melawan membuat anak di bawah umur menjadi sasaran bandar narkotika untuk mengedarkan narkotika secara luas dan terselubung.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian yuridis normatif, yaitu penelitian terhadap data skunder atau data kepustakaan adalah yang mengacu pada norma-norma hukum yang terdapat dalam peraturan perundangundangan dan putusan pengadilan yang berkaitan dengan tindak pidana perbuatan pengedar narkotika yang dilakukan oleh anak di bawah umur.
Pertanggungjawaban pidana diterapkan dengan pemidanaan, yang bertujuan untuk mencegah dilakukannya tindak pidana dengan menegakkan norma hukum demi pengayoman masyarakat; menyelesaikan konflik yang ditimbulkan tindak pidana; memulihkan keseimbangan; mendatangkan rasa damai dalam masyarakat; memasyarakatkan terpidana dengan mengadakan pembinaan sehingga menjadi orang baik dan membebaskan rasa bersalah pada terpidana. Penuntutan untuk terdakwa anak yang mengedarkan narkotika dan telah terbukti secara sah meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana “permufakatan jahat tanpa hak atau melawan hukum memiliki, menyimpan, menguasai, atau menyediakan Narkotika Golongan I dalam bentuk tanaman, sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 111 ayat (1) Jo Pasal 132 ayat (1) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika Jo UU RI No. 11 tahun 2009 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak.


Detail Information

Statement of Responsibility
Description
-
Publisher STHB : Bandung.,
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Content Type
Undergraduate Theses
Keyword(s)

File Attachment