No image available for this title

TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA DI PT. SANDRATEX KARENA TIDAK MASUK KERJA 5 MENIT DIHUBUNGKAN DENGAN UNDANG-UNDANG NOMOR 13 TAHUN 2003 TENTANG KETENAGAKERJAAN (PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR 666K/Pdt.Sus-PHI/2017)”.



Peraturan pemutusan hubungan ketenagakerjaan dimuat dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2004 tentang Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah dibenarkan pemutusan hubungan kerja bila mangkir 5 menit? dan Bagaimanakah masalah hukum yang timbul dan solusinya dihubungkan dengan Putusan Mahkamah Agung Nomor 666K/Pdt.Sus-PHI/2017? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dibenarkan pemutusan hubungan kerja bila mangkir 5 menit untuk mengetahui masalah hukum yang timbul dan apa saja solusinya dihubungkan dengan Putusan Mahkamah Agung Nomor 666K/Pdt.Sus-PHI/2017.
Metode yang dilakukan penulis dalam penelitian ini yang pertama spesifikasi penelitian yang menggambarkan masalah-masalah yang menjadi obyek penelitian, kedua jenis penelitian hukum normatif yaitu penelitian terhadap data kepustakaan atau data sekunder, ketiga metode pendekatan yaitu pendekatan perundang-undangan, keempat teknik pengumpulan data dengan cara studi dokumen atau studi kepustakaan, dan kelima metode analisis data dengan metode normatif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) pemutusan hubungan kerja karna mangkir 5 menit tidak dibenarkan, hal tersebut dibuktikan dengan Pasal 151 Undang-Undang Ketenagakerjaan tentang prosedur pemutusan hubungan kerja yang benar, serta bepacu dalam Pasal 168 UU Ketenagakerjaan. (2) masalah hukum yang timbul yaitu adanya gugatan ke Pengadilan Hubungan Industrial yang didasari dengan adanya perbuatan melawan hukum, yang sudah memenuhi unsur-unsur dalam perbuatan melawan hukum dan solusinya dikaitkan dengan putusan yaitu adanya arbitrase, konsiliasi, dan mediasi



Detail Information

Statement of Responsibility
Description
-
Publisher STHB : Bandung.,
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Content Type
Undergraduate Theses

File Attachment