No image available for this title

Tinjauan Yuridis Terhadap Tindak Pidana Pencurian Dengan Pemberatan Dihubungkan Dengan Putusan Pengadilan Negeri Bandung nomor: 348/Pid.B/2017/Pn.Bdg.



ABSTRAK
Tindak pidana pencurian merupakan delik pokok dari suatu delik pencurian, di mana delik tersebut tercantum dalam Pasal 362 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP), dan dalam putusan hakim para terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan perbuatan tindak pidana pencurian dengan pemberatan adalah Pasal 363 ayat (1) ke-4 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP). Adapun tujuan pertama dari penulisan ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis penerapan hukum pidana materiil terhadap tindak pidana pencurian dengan pemberatan dalam putusan Nomor: 348/PID.B/2017/PN.BDG. tujuan kedua dari penulisan ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pertimbangan hukum Hakim dalam menjatuhkan pidana terhadap pelaku tindak pidana pencurian dengan pemberatan dalam putusan Nomor: 348/PID.B/2017/PN. BDG.
Metode Penelitian yang penulis gunakan terdiri dari spesifikasi penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan jenis penelitiannya yuridis normatif. Metode pendekatan menggunakan undang-undang (statute approach) dan pendekatan kasus (case approach). Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penulis adalah studi kepustakaan. Di dalam penelitian ini metode analisis data yang digunakan oeh penulis yaitu metode kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian penulis terhadap kasus kasus tindak pidana pencurian dengan pemberatan, hasil penelitian pertama menunjukkan bahwa penerapan hukum pidana materil yang digunakan oleh Hakim sudah sesuai dengan fakta-fakta dalam persidangan serta Hukum yang berlaku saat ini. Hasil penelitian kedua menunjukkan bahwa pertimbangan hukum yang dijatuhkan oleh Hakim terhadap terdakwa dalam kasus ini Hakim menimbang terdakwa secara sah dan meyakinkan melakukan perbuatan pencurian dengan keadaan memberatkan, bahwa Hakim melihat terdakwa tidak memenuhi unsur pembenar, dan unsur pemaaf, sehingga pertimbangan Hakim telah sesuai teori hukum pidana, serta menjadi acuan Hakim dalam menjatuhkan pidana.


Detail Information

Statement of Responsibility
Description
-
Publisher STHB : Bandung.,
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Content Type
Undergraduate Theses

File Attachment