No image available for this title

Analisis Yuridis Tentang Pertanggungjawaban Pidana Terhadap Pelaku Tindak Pidana Perampasan Kemerdekaan Dalam Putusan Pengadilan Negeri Bandung Nomor 121/Pid.B/2016/PN.Bdg



Kejahatan atas kemerdekaan orang adalah perbuatan kejahatan terhadap suatu hak asasi manusia yang selalu menonjol dimana hak seorang manusia untuk bebas menggerakkan badan memenuhi kepentingan dalam masyarakat. Kejahatan atas tindak pidana terhadap kemerdekaan seseorang diperlukan penjatuhan pidana sebagai suatu upaya yang dilandasi oleh hukum berupa konsekuensi yang tidak menyenangkan atau suatu penderitaan akibat tindak pidana yang dilakukan. Untuk menjaga agar peraturan-peraturan yang berjalan di masyarakat dapat berlangsung dan diterima oleh seluruh lapisan masyarakat, maka aturan-aturan hukum yang ada harus sesuai dengan keadaan sosial budaya masyarakat untuk menjamin terciptanya rasa keadilan. Dengan demikian, hukum bertujuan menjamin adanya kepastian hukum dalam masyarakat dan hukum harus berlandaskan keadilan yaitu asas-asas keadilan dalam masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk pertanggungjawaban pidana terhadap pelaku tindak pidana perampasan kemerdekaan dalam Putusan Pengadilan Negeri Bandung Nomor 121/Pid.B/2016/ PN.BDG berdasarkan Hukum Pidana Indonesia, juga Untuk mengetahui pemidanaan terhadap pelaku tindak pidana perampasan kemerdekaan dalam Putusan Pengadilan Negeri Bandung Nomor 121/Pid.B/2016/PN.BDG dihubungkan dengan tujuan pemidanaan. Penelitian ini dilakukan dengan dengan menelusuri dan melakukan analisis bahan pustaka yang berkaitan dengan permasalahan yang dibahas.
Spesifikasi penelitian ini bersifat deskriptif, jenis penelitian yuridis normatif dengan menggunakan data sekunder bahan hukum primer,sekunder, dan tersier. Metode pendekatan yang digunakan adalah pendekatan perundang-undangan. Teknik pengumpulan data nya dilakukan dengan cara studi dokumen, sedangkan analisis data dilakukan secara kualitatif.
Hasil penelitian terhadap permasalahan pertama adalah Pritjon Als Joni bin Rusten dipertanggungjawabkan secara pidana atas perbuatannya merampas kemerdekaan orang lain secara melawan hukum yang dilakukan secara terus menerus. Sedangkan hasil penelitian terhadap permasalahan kedua adalah pelaku Pritjon Als Joni bin Rusten dalam melakukan tindak pidana merampas kemerdekaan orang lain dipidana dengan pidana penjara selama 1 tahun.


Detail Information

Statement of Responsibility
Description
-
Publisher STHB : Bandung.,
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Content Type
Undergraduate Theses

File Attachment