Image of Tinjauan Yuridis Terhadap Eksploitasi, Menelantarkan, Dan Perlakuan Diskriminasi Anak Dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak Jo. Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak Dihubungkan Dengan Putusan Mahkamah Agung RI Nomor 1813K/Pid.Sus/2016

Tinjauan Yuridis Terhadap Eksploitasi, Menelantarkan, Dan Perlakuan Diskriminasi Anak Dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak Jo. Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak Dihubungkan Dengan Putusan Mahkamah Agung RI Nomor 1813K/Pid.Sus/2016



ABSTRAK

Anak merupakan karunia dari Tuhan Yang Maha Esa. Keberadaannya merupakan anugerah yang harus dijaga, dirawat dan dilindungi. Setiap anak secara kodrati memiliki harkat, martabat dan hak-hak sebagai manusia yang harus dijunjung tinggi oleh siapapun. Sebagai implementasi perlindungan anak Pemerintah telah mengesahkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak yang kemudian diperbaharui oleh Undang-Undang RI Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Penelitian ini bermaksud mengetahui bagaimana pertimbangan hukum putusan Mahkamah Agung RI Nomor 1813K/Pid.Sus/2016 dan bagaimana implementasi penjatuhan pidana terhadap pelaku eksploitasi, menelantarkan dan perlakuan diskriminasi terhadap anak.
Penelitian ini bersifat Deskriptif Analitis, yaitu untuk menggambarkan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai tinjauan yurudis terhadap eksploitasi, menelantarkan dan perlakuan diskriminasi terhadap anak dihubungkan dengan putusan Mahkamah Agung RI No. 1813K/Pid.Sus/2016, metode yang dipergunakan adalah metode pendekatan yuridis normatif yaitu penelitian lebih menekankan terhadap hukum positif yang berhubungan dengan eksploitasi, menelantarkan dan perlakuan diskriminasi terhadap anak.
Hasil penelitian ini, penulis dapat menarik kesimpulan bahwa Pertimbangan Hukum Putusan Mahkamah Agung Nomor 1813K/Pid.Sus/2016 sudah tepat dan telah terbukti secara sah dan meyakinkan terdakwa bersalah melakukan tindak pidana “PEMBUNUHAN BERENCANA, MELAKUKAN EKSPLOITASI TERHADAP ANAK, MENELANTARKAN ANAK dan PERLAKUAN DISKRIMINASI TERHADAP ANAK”. Dan implementasi penjatuhan pidana terhadap terdakwa dengan pidana penjara selama seumur hidup.


Detail Information

Statement of Responsibility
Description
-
Publisher : Bandung.,
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Content Type
Undergraduate Theses
Keyword(s)

File Attachment