Image of ANALISIS YURIDIS ATAS PERBUATAN PLAGIARISME TERHADAP WARKOP DKI YANG DILAKUKAN OLEH GRUP WARKOPI DIHUBUNGKAN DENGAN UNDANG-UNDANG NO. 28 TAHUN 2014 TENTANG HAK CIPTA

ANALISIS YURIDIS ATAS PERBUATAN PLAGIARISME TERHADAP WARKOP DKI YANG DILAKUKAN OLEH GRUP WARKOPI DIHUBUNGKAN DENGAN UNDANG-UNDANG NO. 28 TAHUN 2014 TENTANG HAK CIPTA



Latar belakang masalah penelitian ini adalah banyaknya perbuatan penyiaran ulang atau pengungahan ulang suatu video di media sosial, dapat dikategorikan sebagai penyiaran (pengumuman ciptaan dalam rangka melaksanakan hak ekonomi) dan hal tersebut pada dasarnya wajib meminta izin pencipta atau pemegang hak cipta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis yuridis atas perbuatan plagiarisme terhadap Warkop DKI yang dilakukan oleh Warkopi dihubungkan dengan Undang-Undang No. 28 tahun 2014 tentang Hak Cipta, dan penyelesaian sengketa antara Warkopi dengan Warkop DKI.
Penelitian ini bersifat deskriptif, jenis penelitian ini berupa yuridis normatif. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan perundang-undangan dan pendekatan kasus. Teknik pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan studi dokumen. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis kualitatif normatif.
Berdasarkan hasil penelitian dihasilkan simpulan, yaitu bentuk plagiarisme yang dilakukan grup Warkopi adalah plagiat tidak sengaja, karena Warkopi tidak memiliki kesadaran hukum, tidak memahami hukum, penerimaan hukum, dan perilaku hukum dalam pelaksanaan dan penegakan hukum di bidang hak cipta. Penyelesaian sengketa atas perbuatan plagiarisme terhadap Warkop DKI yang dilakukan Grup Warkopi dihubungkan dengan UU No. 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta adalah lewat mediasi. Jalan penyelesaiannya adalah grup Warkopi dibubarkan dan juga men-take down konten-konten video di channel YouTube mereka yang memuat adegan-adegan cuplikan Warkop DKI, dan peniruan karakter Dono, Kasino dan Indro oleh para personil Warkopi.


Detail Information

Statement of Responsibility
Description
-
Publisher STHB Press : .,
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Content Type
Undergraduate Theses

File Attachment