Image of DUGAAN WANPRESTASI DALAM PERJANJIAN JUAL BELI TANAH DAN BANGUNAN ANTARA PT. DA DAN KONSUMEN DIKAITKAN DENGAN HUKUM PERJANJIAN DAN PUTUSAN PENGADILAN 
NEGERI JAKARTA PUSAT NOMOR 
87/Pdt.G/2020/PN.Jkt.Pst.

DUGAAN WANPRESTASI DALAM PERJANJIAN JUAL BELI TANAH DAN BANGUNAN ANTARA PT. DA DAN KONSUMEN DIKAITKAN DENGAN HUKUM PERJANJIAN DAN PUTUSAN PENGADILAN NEGERI JAKARTA PUSAT NOMOR 87/Pdt.G/2020/PN.Jkt.Pst.



Perjanjian mengikat sebagai undang-undang bagi para pihak yang membuatnya sehingga harus dipatuhi. Apabila tidak dipatuhi, maka dapat menimbulkan keadaan yang disebut wanprestasi. Penulis meniliti dugaan wanprestasi dalam perjanjian jual beli tanah dan bangunan antara PT. DA dan konsumen dengan tujuan untuk mengetahui dan menganalisa dugaan wanprestasi dalam perjanjian jual beli tersebut. Selain itu, untuk mengetahui dan menganalisa putusan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat atas dugaan wanprestasi dalam perjanjian jual beli itu.
Untuk mencapai tujuan diatas, penulis melakukan penelitian deskriptif, yaitu menganalisa dan menggambarkan secara sistematis, faktual, dan akurat dugaan wanprestasi dalam perjanjian jual beli tanah dan bangunan. Penelitian ini merupakan penelitian yuridis normatif, dengan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan kasus. Data diperoleh melalui studi dokumen dan dianalisa secara normatif kualitatif.
Putusan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat atas wanprestasi dalam perjanjian jual beli tanah dan bangunan tertuang dalam Putusan Nomor 87/Pdt.G/2020/PN Jkt. Pst. Amar putusan itu adalah, dalam eksepsi: Mengabulkan gugatan Tergugat sebagian. Dalam pokok perkara: Menyatakan Tergugat melakukan wanprestasi; Menyatakan Surat Perjanjian Jual Beli (SPJB) No. 009-DAB/SPJB/IV/2014 tertanggal 1 April 2014 batal dengan segala akibat hukumnya atau setidak-tidaknya tidak mempunyai kekuatan hukum yang mengikat; Menghukum Tergugat untuk mengembalikan uang milik Penggugat sejumlah Rp. 218.790.520 ditambah bunga sebesar 6% pertahun dari jumlah tersebut terhitung sejak gugatan didaftar sampai dibayar lunas; Menghukum Tergugat untuk membayar biaya yang timbul dalam perkara ini sebesar Rp. 506.000,00. Menolak gugatan Penggugat untuk selebihnya.


Detail Information

Statement of Responsibility
Description
-
Publisher STHB Press : .,
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Content Type
Undergraduate Theses

File Attachment